Home Puisi Cerpen Drama Artikel Info Catatan Kontak
Selamat Datang di Ruang Pajang Cipta Karya Sastra (Puisi, Cerpen, Drama, Artikel, dan Catatan Budaya). Bagi Teman-Teman yang ingin karyanya ditayangkan di sini silakan email ke md.sarjana@gmail.com; bagi yang ingin langsung posting di blog ini silakan kirim alamat email ke md.sarjana@gmail.com
Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

Ngelawang

Widnyana Sudibya : 'Barong Bapang' - barong Bangkung dan barong Jepang.....
'Bapang' sesungguhnya adalah salah satu 'agem' atau gerak tari barong yang dinamis seirama dengan gamelan yg kian menghentak....

Ketut Adnyana
pak widnyana, gambar diatas sepertinya bagian dari kegiatan tradisi nglawang. ketika tyang kecil dulu tradisi nglawang ini biasanya terjadi di klungkung pada saat hari raya galungan dan kuningan.

seperti kita ketahui bersama nglawang adalah suatu tradisi yang sudah ada dari jaman dahulu yang menjadi warisan budaya masa kini. Pelaksanaan nglawang tampaknya makin lama semakin jarang ditemui, terutama di daerah perkotaan. tapi di daerah pedesaan tradisi nglawang biasanya masih ada yang melaksanakannya walaupun tidak seperti masa lalu.

Tradisi nglawang adalah tradisi yang mengandung ajaran etika, sosial serta banyak mengandung nilai-nilai magis. Kata Nglawang berasal dari kata lawang yang berarti pintu.... Lihat Selengkapnya

Dalam kamus bahasa bali kawi, kata nglawang berarti berkeliling dari pintu ke pintu, rumah ke rumah atau dari desa ke desa yang bertujuan untuk mempertunjukan / mengusung tapakan barong seperti barong ket, barong bangkung, barong gajah, barong landung dan lainnya yang disacralkan.

Nglawang dalam arti yang lebih luas yaitu sebagai penolak bala (mara bahaya) karena yang diusung biasanya manifestasi Siwa. Dari tradisi ini kemudian berkembang suatu tradisi nglawang yang tujuannya hanya sebagai pengembangan rasa seni dan mendapatkan imbalan sekedarnya dengan mengusung barong yang tidak disacralkan.

syukur tradisi ngelawang ini masih di lestarikan oleh salah satu sanggar tari dari desa kemoning. semoga bisa di ikuti oleh desa-desa lainnya di bali.

sumber: http://www.facebook.com/photo.php?pid=30613078&id=1126534355&prev=1&op=1&view=all&subj=1371312155


Tulisan Lain:

 

0 comments:

Posting Komentar

 
7TQ5GW3HXHM7